Friday, February 1, 2013

Pantai Pulang Syawal (Indrayanti)


Banyak yang bilang pantai ini adalah pantai terbaik yang ada di Gunungkidul. Setidaknya untuk saat ini. Seperti pantai-pantai di Gunungkidul lainnya, Pantai Indrayanti memiliki pemandangan alam yang eksotik, ombak yang indah untuk dilihat, fasilitas yang memadai sebagai obyek wisata, dan yang tidak kalah pentingnya, adalah kebersihannya. Namun mungkin diantara Anda ada yang belum tahu bahwa nama resmi pantai ini bukanlah Pantai Indrayanti. Masalah penyebutan nama pantai ini sering menjadi kontroversi. Pasalnya, dari pihak Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, secara resmi menamai pantai ini dengan nama "Pantai Pulang Syawal". Sejak pihak swasta ikut mengelola pantai ini, banyak fasilitas-fasilitas baru yang dibangun. Pada salah satu pintu masuk pantai ini misalnya, didirikan sebuah kafe dengan nama "Indrayanti", yaitu nama pemiliknya. Karena papan nama kafe tersebut berada tepat di salah satu pintu masuk pantai ini, pengunjung jadi lebih familiar dengan nama "Pantai Indrayanti", daripada nama resminya, Pantai Pulang Syawal.

Pantai ini berlokasi di sebelah timur Pantai Sundak. Terkenal karena kelengkapan fasilitas yang disediakan dan juga kebersihannya. Menurut informasi, pantai ini juga pantai pertama di Gunungkidul yang dipromosikan ke lebih dari 12 negara. Pantai ini hampir tidak pernah sepi pengunjung, baik dari luar kota maupun pengunjung lokal, bahkan beberapa turis juga pernah kami temui disini.
Tim pariwisatagunungkidul.com tiba di Pantai Indrayanti kurang lebih pada pukul 23.00 WIB. Ketika itu kebetulan sedang hari libur, jadi meskipun malam masih dipadati para pengunjung yang menginap di pantai tersebut. begitu tiba di area pantai, betapa kagumnya kami ketika melihat ke atas langit malam di Indrayanti, dengan taburan bintang yang gemerlapan di angkasa, membuat nuansa romantis yang ada di pantai ini begitu kental.
Berdasarkan info yang kami peroleh, untuk dapat menginap di penginapan tersebut, pengunjung diharuskan membayar Rp. 750.000,00/malam. Mmm, cukup mahal memang, hal itu dikarenakan belum adanya listrik dari PLN yang masuk ke area pantai ini (saat kami kesana, masih dalam tahap penyambungan kabel), sehingga listrik disana masih menggunakan genset.Salah satu fasilitas yang dapat kita nikmati disini adalah payung pantai yang dapat kita sewa. Dapat kita gunakan untuk berteduh sambil menikmati suasana pantai yang romantis. Fasilitas lain adalah jetski yang juga dapat kita sewa.

Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman yang disediakan di Indrayanti tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai lain, yaitu sekitar menu laut dan menu-menu yang biasa dijajakan di warung-warung seperti nasi rames, soto, bakso, mie ayam, dll. Hanya saja harganya memang agak mahal dari pantai lain. Untuk es kelapa muda, satu buahnya dihargai Rp. 10.000,00, hampir dua kali lipat dari pantai-pantai lain di Gunungkidul. Namun rasanya itu harga yang pantas mengingat apa yang ditawarkan pantai ini. Untuk nasi ayam dihargai Rp. 10.000,00/porsi, dan bakso Rp. 6.000,00/porsi.

Penginapan

Seperti halnya pantai tetangganya, yaitu Pantai Sundak, di sekitar Pantai Indrayanti banyak penginapan. Sebagian pengunjung mengatakan bahwa tarifnya mahal-mahal, namun mereka menyadari bahwa hal tersebut dikarenakan belum adanya listrik dari PLN di kawasan pantai tersebut. Harapannya mudah-mudahan ke depan setelah listrik PLN masuk, tarif penginapan dapat lebih murah.
Tarif parkir disini adalah Rp. 2.000,00 untuk motor dan Rp. 5.000,00 untuk mobil.


Followers