Saturday, February 2, 2013

Hutan Wanagama (hijaunya gunung kidul)

gunung kidul
Di tengah-tengah tanah Gunung Kidul yang konon gersang, terdapat sebuah daerah konservasi untuk mempertahankan bumi tetap hijau dengan tanaman yang beraneka ragam. Kejaiban kecil ini dimulai dari sebuah mimpi Oemi Han’in pada tahun 1964. Prof. Oemi Hani’in Suseno memakai uang pribadi untuk membuat Wanagama menjadi seperti sekarang.

Wanagama
Saat itu Wanagama hanya seluas 10 hektar dan sekarang berkembang menjadi 600 hektar. Wanagama kaya akan berbagai jenis pohon, seperti pinus (Pinus merkusii), eboni (Diospyros celebica) Kayu Hitam dari Sulawesi, cendana (Santalum album) Pohon Wangi, murbei (Morus Alba) dan jati (Tectona grandis).
hutan-wanagama
Wanagama juga dilewati oleh tiga aliran sungai seperti, Oya, Sendang Ayu, Banyu Tibo. perpaduan pepohonan dan aliran sungai yang tenang menjadi sebuah penyejujk jiwa yang tenang di tengah terik matahari. Pangeran Charles ikut berperan serta dalam sejarah Hutan Wanagama ini, ketika berkunjung ke Wanagama pada tahun 1989, beliau menanam pohon jati (Tectona grandis), oleh masyarakat sekitar disebut Jati Londo.
wanagama
source: agendajogja.com

Followers