KEGIATAN AKHIR DAN TINDAK LANJUT PEMBELAJARAN
A.
KEGIATAN
AKHIR PEMBELAJARAN
Kegiatan
akhir dalam pembelajaran tidak hanya diartikan sebagai kegiatan untuk menutup
pelajaran. Yang lebih penting adalah untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap
kompetensi yang diharapkan. Dengan
melakukan kegiatan akhir pembelajaran, guru akan mengetahui kompetensi yang
sudah dan yang belum dikuasai oleh siswa. Kegiatan yang biasa dilakukan guru
dalam kegiatan akhir ini adalah memberikan tes, baik lisan maupun tertulis. Selain
itu, guru hendaknya melakukan kegiatan akhir pembelajaran agar siswa memperoleh
gambaran yang utuh tentang pokok-pokok materi uyang sudah dipelajarinya.
Kegiatan tersebut berupa kegiatan meinjau kembali penguasaan siswa.
1.
Meninjau
Kembali Penguasaan Siswa
Untuk meninjau kembali
penguasaan siswa terhadap materi yang telah dipelajari siswa, guru dapat
melakukan dua cara yaitu merangkum (menyimpulkan) pokok materi atau membuat
ringkasan materi pelajaran. Kegiatan merangkum (menyimpulkan)dan membuat
ringkasan sebaiknya dilakukan oleh siswa di bawah bimbingan guru sehingga pada
saat siswa membuat rangkuman atau kesimpulan atau ringkasan itu salah atau
kurang sempurna, guru dapat membetulkan ataumenyempurnakan
rangkuman/kesimpulan/ringkasan yang dibuat siswa. Dalam melaksanakan kegiatan
membuat rangkuman/kesimpulan/ringkasan, hendaknya memperhatikan kriteria
berikut.
a. Berorientasi
pada acuan hasil belajar dan kompetensi dasar
b. Singkat,
jelas dan bahasa (tulis/lisan) mudah dipahami
c. Kesimpulan/rangkuman/ringkasan
tidak keluar dari topik yang telah dibahas.
d. Dapat
menggunakan waktu sesingkat mungkin.
Pada dasarnya
kegiatan meninjau kembali penguasaan siswa ini dilakukan sepanjang proses
pemebelajaran berlangsung. Kegiatan ini dapat dilakukan pada setiap penggal
kegiatan atau setelah satu topik dibahas. Selain untuk memantapkan penguasaan
siswa terhadap pokok-pokok materi yang dipelajari,
rangkuman/kesimpulan/ringkasan akan angat berguna sekali bagi siswa yang tidak
memiliki buku sumber atau siswa yang lambat belajar karena mereka dapat
mempelajarin ya kembali.
2.
Melaksanakan
Penilaian
Kegiatan
penilaian dalam proses pembelajaran merupakan kegiatan mutlak yang harus
dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran. Melali kegiatan penilaian akhir guru
akan mengetahui tercapai tidaknya kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa.
Oleh karena itu guru perlu memiliki kemampuan dalam menilai hasil belajar
siswa. Untuk mengetahui penguasaan siwa terhadap kompetensi yang diharapkan,
guru dapat memberikan tes, atau meminta siswa untuk membuat ringkasan atau
kesimpulan dari materi yang telah dibahas.
Memberikan tes
merupakan salah satu kegiatan akhir yang sering dilakukan guru. Untuk itu, guru
perlu memiliki kemampuan mengembangkan alat evaluasi untuk mengukur hasil
belajar siswa terhadap materi yang telah dipelajari.
Waktu yang
tersedia untuk kegiatan akhir dan tindak lanjut relatif singkat, maka guru
perlu mengidentifikasi kegiatan teknik yang dianggap tepat untuk menilai
penguasaan siswa. Dalam prosesnya guru dapat melaksankan penilaian secara lisan
atau tertulis. Apabila waktu yang dimiliki tidak banyak, guru dapat menunujuk
beberapa siswa yang dianggap representatif(mewakili) seluruh siswa untuk
menjawab pertanyaan secara lisan atau membuat kesimpulan. Atau apabila waktunya
cukup banyak dan memadai, guru dapat melakukan penilaian secara tertulis.
B.
MELAKSANAKAN KEGIATAN TINDAK LANJUT
PEMBELAJARAN
Berdasarkan hasil
kegiatan (meninjau kembali penguasaaan siswa dan atau melaksanakan penilaian),
guru dapat mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran yang telah dilaksankan.
Dari hasil tes, guru akan menegetahui ketercapaian tujuan pembelajaran oleh siswa
baik secara individual maupun kelas. Apakah ti gkat ketercapaian kemampuan oleh
siswa atau kelas sudah mencapai target minimal? Dengan memperhatikan tingkat
penguasaan siswa, guru perlu melakukan kegiatan tindak lanjut. Kegiatan tindak
lanjut pembelajaran dapat dilaksanakan di luar jam pelajran, sesuai dengan
alokasi waktuyang tersedia. Pada prinsipnya, kegiatan tindak lanjut pembelajran
dilaksanakan untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa. Berikut ini beberapa
kegiatan tindak lajut yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan penguasaan
siswa terhadap kemampuan yang diharapkan dimiliki siswa.
1.
Memberikan
tugas atau latihan yang harius dikerjaan di rumah
Hasil evaluasi
yang dilakukan pada akhir pembelajaran memberikan gambaran kepada guru tentang
tingkat penguasaan siswa terhadap kompetensi yang diharapkan. Berdasarakan
hasil evaluasi tersebut guru dapat memberikan tugas tau latihan kepada siswa ,
baik untuk meningkatkan maupun untuk memantapkan penguasaan siswa terhadap
kompetensi yang diharapkan.
Dalam memberikan
tugas dna latihn gurui perlu memperhatikan waktunyang tersedia dan kemampuan
yang dimiliki siswa. Pemberian tugas tidak boleh melampaui batas kemamp[uan
siswa, karena dapat membuat siswa frustasi, jenuh, bahkan dapat mrnurunkan
motivasi dan minat belejarnya. Oleh karena itu, pemberian trugas pada siswa
harus berdasarkan pada perencanaan yang efektif dan terpadu. Artinya setiap pemberian tugas harus
berorientasi pada kompetensi yang harus divcapai dan bermanfaat bagin siwa.
Tugas yang diberikan pada siswa harus bersifat fleksibel dan perlu
diintegrasikan dengan mata pelajaran yang lain.
Ada berapa hal
yang perlu diperhatikan guru dalam memberikan tugas kepada siswa. Pertama, guru
hendaknya menentukan dan menjelaskan secara singkat tentang topik tugas yang
dikerjakan oleh siswa. Kedua, guru perlu menjelaskan tentang tahapan
tugas-tugas yang harus dikerjakan berdasarkan lembaran tugas. Guru hendknya
memberikan gambaran alternatif penyelesaian tugas tersebut. Ketiga guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang tugas yang belum dipahami. Guru
hendaknya menegaskan tentang kriteria dan batas waktu penyelesaian tugas
tersebut. Keempat, guru mejelasakan tentang prose penyelesaian tugas tersebut,
apakah tugas dapat dilaksankan di rumah atau di sekolah, sesuai dengan
karakteristik tugas yang bersangkutan. Kelima, siswa diminta untuk menyerahkan
dan mnyelesaikan tugas sesuai kriteria yang telah ditentukan. Keenam guru harus
mmeriksa dan membhas setiap tugas yang diberiakn. Dengan begitu maka hasil tugas
yang dikerjakansiswa akan mengetahui keberhasilan tugas yang dikerjakannya atau
kesalahan yang harus diperbaiki. Pembahssan hasilk tugas ini juga dapat
dilakukan bersama-sama siswa melalui presentasi dan diskusi hasil tugas. Hal
ini akan memberi kan motivasi kepada sioswa unguk mengerjakan dengan lebih baik
tugas berikutnya.
2.
Membahas
kembali bahan pelajaran yang belum dikuasai oleh siswa
Dari hasil evaluasi
yang dilakukan, guru mengetahui kemampuan yang sudah dan yang belum dikuasai
siswa. Sebagai tindak lanjut dari adanya kemampuan yang belum dikuasai siswa,
guru hendaknya merancang kegiatan untuk membantu siswa menguasai kemamapuan
yang belum dikuasai tersebut. Ada dua kemungkina kegiatan yang dapat dilakukan
guru untuk membantu siswa mwnguasai kompetensi yang belum dikuasainya, pertama,
membahsa kembali materi yang belum dikuasai siswa pada saat itu juga, apabila
waktunya tersedia. Atau, kedua, membahas kembali materi tersebut pada pertemuan
berikutanya apabila membutuhkan waktu yang relatif lama. Untuk pembahasa
kemvali pada pertemunan berikutnya, gurunya hendaknya membuat desain tindak
lanjut pembelajaran yang mencakup rumusan tujuan atau kompetensi yang akan
dicapai, kegiatan belajar, evaluasi serta sumber belajar yang diperlukan.
Desain tersebut dari hasil penilaian yang telah dilakukan.
3.
Membaca
materi peljaran tertentu
Keguiatan
lain yang dapat dilakukan guru pada tahap tindak l;anjut adalah memberikan
tugas kepada siswa untuk membaca buku sumber pelajaran yang lain yang membahsa
topik yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Kegiatan membaca ini dapat
ditugaskan kepad siswa yang belum maupun yang sudah menguasai kompetensi yang
ditetapkan. Siswa yang belum menguasai mater yang telah diharapkan, dapat
ditugaskan untuk membaca sumber lain untuk memperluas wawasan siswa terhadap
topik yang telah dipelajari. Supaya siswa mengerjalan tugas tersebut secara
optimal, guru sebaiknya mengajukan pertamnya-pertnya yang harus dijawab oileh
siswa atau meminta siswa untuk membuat laporan hasil bacaanya. Perlu
diperhatikan bahwa kegiatan tindak lanjut ini tidak dapat dikerjakan pada siswa
dikelas rendah karena siswa belum dapat mebaca dengan lancar.
4. Memberikan motivasi
atau bimbingan belajar
Memberikan balikan terhadap pekerjaan siswa merupakan kegiatan
yang harus dilakukan guru. Di samping memberikan balikan, guru juga hendaknya
memberikan bimbingan kepada siswa agar mereka mampu memperbaiki kekurangan.
Untuk dapat memperbaiki atau meningkatkan penguasaan siswa perlu mendapat
bimbingan dari guru. Bimbingan atau petunjuk yang jelas kepada siswa sehingga
tugas yang diberikan dapat dikerjakan secara optimal oleh siswa. Balikan dan
bimbingan ini akan menjadi dorongan atau motivasi kepada siswa untuk terus
belajar.
5. Mengemukakan tentang
tpoik yang akan dibahas pada waktu yang akan datang
Apabila dari hasil penilaian diketahui bahwa siswa sudah
menguasai kemampuan yang telah ditetapkan, kegiatan tindak lanjut yang dapat
dilakukan siswa adalah mengemukakan atau memberikan gambaran pada siswa tentang
topik bahasan yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang. Cara ini
perlu dilakukan untuk membimbing atau mengarahkan soiswa dalam kegiatan yang
dilakukan pada pertemuan berikutnya, diharapkan siswa akan mempelajari terlebih
dahulu di rumah, materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya senbelum
mengikuti pelajaran di sekolah. Untuk mendukung kegiatan tersebut guru perlu
memberikan alternatif kegiatan belajar secara sistematis yang perlu dilakukan
siswa di lua jam pelajaran. Selain itu dengan menyampaikan topik yang akan
dibahas pada pertemuan berikutnya, diharapkan siswa akan mencari informasi
melalui media maupun sumber belajar lainnya, untuk dibahas dalam pertemuan
tersebut.
Setelah guru menganggap kegiatan akhir dan tindak lanjut
pembelajaran selesai dilaksanakan secara optimal dan sesuai dengan waktu yang
direncanakan maka langkah selanjutanya grur harus menutup pelajran. Apabila
pelajaran berlangsung pada jam yang paling akhir maka harus dibiasakan siswa
menutup pelajaran dengan berdoa.
Itulah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan grur pada tahap
kegiatan akhir dan tindak lanjut pembelajaran. Kegatan akhir dan tindak lanjut
pembelajaran merupakan suatu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan ddengan
kegiatan awal dan inti pelajaran. Sehubungan dengan itu, karena waktu yang
tersedia untuk kegiatan inti maka guru perlu mengatur dan memanfaatka waktu see
fisien mungkin dalam melaksanakan kegiatan akhir dan tindak lanjut pebelajaran.
Kegiatan akhir dan tindak lanjut harus dilaksankan atas dasar perencanaan yang
telah dibuat oleh guru. Namun demikian penyesuaian tetap perlu dilakukan oleh
guru sesuai dengan situasi dan kondisi yang di dalam pembelajaran. Oleh karena
itu perlu merencanakan serta melaksanakan kegiatan akhir dan tidak lanjut
pembelajaran secara efektif, fleksibel, dan sistematis sehingga siswa yang
memperoleh hasil belajar yang optimal.
No comments:
Post a Comment